"Selamat Datang di website Dinas Pariwisata. Website ini merupakan salah satu media Informasi kegiatan Dinas Pariwisata"

Kepala Dinas Pariwisata

Drs. I Nengah Sukasta, M.Si

Rapat Pleno Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Klungkung Semester I

  • 26 Agustus 2016
  • Dibaca: 450 Pengunjung
Rapat Pleno Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Klungkung Semester I

Rapat Pleno Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Klungkung

 

Sumber Gambar: KKPP.

 

Semarapura, Klungkung,.            

      Rapat Pleno Dewan Ketahanan Pangan (DKP) yang diselenggarakan pada hari Kamis (25/8/2016) di awali pembacaan laporan secara umum kondisi ketahanan pangan di Kabupaten Klungkung pada semester I oleh Kepala Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Klungkung, Ida Bagus Gede Juanida. Kemudian rapat Pleno di buka oleh Nyoman Suwirta selaku Bupati Klungkung.

      Nyoman Suwirta menyampaikan bahwa ketika berbicara tentang pangan maka harus dibahas dan dicermati dari hulu sampai hilir, mengingat keberhasilan ketahanan pangan tersebut tergantung proses dihulu, termasuk infrastruktur maupun kebijakan dan sarana prasarana yang harus mendukung. “serapan beras lokal kita di pasar kurang dari 10% artinya ini belumlah maksimal dan kebijakan untuk beras lokal masih belum berjalan” ujar Bupati Suwirta. “Ketika ketahanan pangan kita lemah berati ada yang salah dihulunya” lanjut Bupati Suwirta didampingi Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, Wayan Durma selaku Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) Kabupaten Klungkung serta Kepala Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluhan, Ida Bagus Gede Juanida di Ruang Rapat Distanbunhut Kabupaten Klungkung.

      Bupati Suwirta juga menyebutkan dalam upaya menguatkan ketahanan pangan, saat ini telah diupayakan pemanfaatan beras lokal, sehingga beras yang dihasilkan oleh petani di klungkung dapat tersalurkan dan dinikmati oleh masyarakat klungkung tanpa harus mendatangkan beras dari luar kabupaten klungkung. “Ini komitmen kita bagaimana beras lokal kita menjadi tuan rumah dirumahnya sendiri,” sebutnya.

      Sementara itu, menurut Kepala Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluhan, Ida Bagus Gede Juanida, Pelaksanaan rapat Pleno DKP ini adalah untuk menentukan kebijakan pangan di Klungkung di samping membahas laporan pelaksanaan tugas DKP secara berkala. Rapat Pleno Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Klungkung semester I tahun 2016 juga diawali acara penyerahan piagam penghargaan kepada kelompok tani dan petugas pendamping pemenang lomba Simantri berprestasi tingkat Kabupaten Klungkung tahun 2016. Setelah Rapat Pleno dibuka oleh Bupati Klungkung dan penyerahan piagam penghargaan, rapat Pleno dilanjutkan dengan laporan-laporan per Pokja tentang kondisi ketahanan pangan dan gizi di kabupaten Klungkung.

      Rapat Pleno DKP semester I Tahun 2016 ini juga menghadirkan para Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) se- Kabupaten Klungkung, Petugas Penyuluhan Lapangan (PPL) se-Kabupaten Klungkung, Kelian Subak sawah se-Kabupaten Klungkung dan juga Instansi-instansi yang terkait.

 (AW)

                

  • 26 Agustus 2016
  • Dibaca: 450 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita