Visi dan Misi

  • Dibaca: 467 Pengunjung

VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN, STRATEGI DAN KEBIJAKAN

 

VISI DAN MISI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN KLUNGKUNG

 

Perumusan visi dan misi jangka menengah SKPD merupakan salah satu tahap penting penyusunan dokumen Renstra SKPD sebagai hasil dari analisis sebelumnya. Visi menjelaskan arah atau suatu kondisi ideal dimasa depan yang ingin dicapai (clarity of direction) berdasarkan kondisi dan situasi yang terjadi saat ini yang menciptakan kesenjangan (gap) antara kondisi saat ini dan masa depan yang ingin dicapai. Di sini, visi diciptakan melampaui realitas sekarang. Visi bukan hanya mimpi atau serangkaian harapan, tetapi suatu komitmen dan upaya merancang dan mengelola perubahan untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, visi didasarkan pada realita, bukan pikiran berandai-andai (wishfull thinking), tetapi dengan fokus pada masa depan. Pernyataan visi yang artikulatif akan memberikan arah yang jelas bagaimana mencapai masa depan yang diharapkan dan mengatasi kesenjangan yang terjadi.

 

  1. Visi

Visi adalah rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan, yang mencerminkan harapan yang ingin dicapai dilandasi oleh kondisi dan potensi serta prediksi tantangan dan peluang pada masa yang akan datang. Berdasarkan makna tersebut dan sesuai dengan Visi Pemerintah Kabupaten Klungkung Tahun 2014-2018, maka visi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  Kabupaten Klungkung adalah:

“Terwujudnya Ketahanan Budaya Dan Pariwisata Berbasiskan Kerakyatan Dan Berwawasan Lingkungan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”

 

Makna visi tersebut, dapat diuraikan sebagai berikut :

  1. Ketahanan Budaya Dan Pariwisata Berbasiskan KerakyatanBerwawasan Lingkungan:
  • Terwujudnya lembaga adat/sekaa yang kokoh dan berkembangnya pariwisata berbasiskan kerakyatan dan berwawasan lingkungan di Kabupaten Klungkung
  • Adanya keterlibatan masyarakat secara aktif melalui lembaga adat/sekaa dan pelaku pariwisata dalam pelestarian budaya dan pengembangan pariwisata
  • Adanya peran aktif dari lembaga adat/sekaa dan pelaku pariwisata dalam upaya pelestarian lingkungan.
  1. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat:
  • Dengan kokohnya lembaga adat serta berkembangnya pariwisata yang berbasis kerakyatan dan berwawasan lingkungan maka tercapai kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Klungkung.

 

  1. Misi

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan dan diwujudkan agar tujuan dapat terlaksana dan berhasil dengan baik sesuai dengan visi yang telah ditetapkan. Berdasarkan Tugas Pokok dan Fungsi serta dilandasi oleh visi, maka misi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Klungkung 2013-2018 adalah sebagai berikut :

  1. Melestarikan nilai-nilai budaya, adat dan agama;
  2. Mengembangkan kepariwisataan untuk meningkatkan kunjungan pariwisata
  3. Mengembangkan potensi seni budaya pendukung pariwisata;
  • Dibaca: 467 Pengunjung