14 Desa di Klungkung Akan Ditetapkan Menjadi Desa Wisata

  • 24 Februari 2016
  • Dibaca: 195 Pengunjung
14 Desa di Klungkung Akan Ditetapkan Menjadi Desa Wisata

14 Desa di Kabupaten KlungkungBali, siap ditetapkan menjadi desa wisata. Delapan desa itu di antaranya diusulkan oleh Pemkab Klungkung. Sementara, enam desa lainnya merupakan usulan dari Pemprov Bali.

"Ke-14 desa wisata itu akan siap dituangkan dalam Peraturan Bupati (Perbup) Klungkung. Perbup ini sudah diserahkan ke meja Bupati Klungkung sejak awal tahun 2016 lalu," ujar Kasi Pengelolaan Pengembangan Pelestarian Obyek Wisata Disbudpar Klungkung, Ida Bagus Putu Buana, Rabu (24/2/2016).

Ia menjelaskan, ke-14 desa wisata tersebut yakni Desa Tihingan, Timuhun, Bakas di Kecamatan Banjarangkan; Desa Kamasan, Tegak, Budaga, Gelgel di Kecamatan Klungkung; Desa Besan, Pesinggahan di Kecamatan Dawan; dan Desa Jungutbatu, Lembongan, Ped, Batukandik dan Desa Tanglad di Kecamatan Nusa Penida.

"Masing-masing desa itu memiliki potensi di bidang pariwisata. Misal agro wisata, wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, wisata tirta, wisata spiritual dan wisata sejarah. Ke depannya, desa wisata tersebut akan menjadi proyek percontohan bagi desa lainnya yang ingin mengembangkan potensi kepariwisataan," jelas Ida Bagus Putu Buana.

14 desa wisata tersebut juga diharapkan dapat berdampak langsung terhadap perekonomian masyarakat setempat. Terutama dalam hal pengembangan akomodasi pariwisata di desa. Misalnya menyediakan rumah warga sebagai home stay bagi wisatawan.

  • 24 Februari 2016
  • Dibaca: 195 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita